Senin, 21 Oktober 2013

Instalasi dan menjalankan Library OpenGL pada program DEV C++


Well, pasti Sebagian Orang banyak yang mengira kalau OpenGL itu adalah sebuah bahasa pemograman, sebenarnya OpenGL (Open Graphic Library) adalah sebuah library yang terdiri dari berbagai macam fungsi dan biasanya digunakan untuk menggambar sebuah objek gambar 2D atau 3D. Tapi bukan berarti OpenGL adalah satu-satunya aplikasi yang digunakan oleh setiap orang, tentu selain OpenGL masih ada directX (keluaran perusahaan microsoft) aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama, namun DirectX lebih banyak digunakan oleh sebagian besar game developer karena beberapa fungsi directX nampaknya lebih memudahkan game developer untuk membuat game. Tapi bukan berarti tidak memakai OpenGL, tiap-tiap render tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. OpenGL biasanya digunakan dengan bahasa pemograman C/C++.



Untuk OS Windows, Library ini terdiri dari 3 files, yaitu :
-       Glut.h
-       Glut32.lib
-       Glut32.dll



Berikut adalah cara untuk menginstall OpenGL dan DEV C++
Apabila PC atau laptop anda belum terinstall DEV C++, anda bisa mengunduhnya Disini, kemudian di install dan ikuti petunjuknya. Kemudian untuk menjalankan atau membuat file OpenGL anda harus memiliki headernya karena kalau suatu program tanpa header tidak bisa jalan sama saja seperti badan tanpa kepala, anda pun bisa mengunduhnya Disini , setelah kita buka pilihlah link glut-3.7.6-bin.zip , dan untuk menginstall header OpenGL pada DEV C++ berikut adalah langkahnya :
1.)    Masuk kedalam program DEV C++.
2.)    Klik menu tools kemudian pilih package manager gambar dibawah:
3.)    Klik install, ganti file of type menjadi (generic packages) ada file berektensi (.rar atau .zip) secara terbaca.
4.)    Klik open, lalu ikuti langkah-langkahnya sampai semua selesai terinstall.

Setelah selesai menginstall DEV C++ dan header OpenGL, selanjutnya kita mencoba untuk langsung membuat garis vertikal, Horizontal, dan Diagonal dengan OpenGL pada DEV C++, cara untuk membuat sebuah file baru adalah :
1.)    Klik menu file > new > project .
2.)    Pada bagian ini pilih tag multimedia > lalu klik OpenGL dan berilah nama project sesuai keinginan kita.
Setelah kita membuat project, lanjut untuk membuat kodingan untuk gambar garis vertikal, Horizontal, dan Diagonal dengan OpenGL pada DEV C++.

1.)  Garis Horizontal


/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); {Untuk memilih warna yang digunakan}
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); {Untuk membersihkan layar latar belakang}
glPushMatrix (); {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku lagi untuk bagian luar}
glBegin(GL_LINES); {Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan}
glVertex3f(0,6f, 0.0f, 0.0f); {Untuk menentukan titik awal yang digunakan}
glVertex3f(0.6f,0.0f,0.0f); {Untuk menentukan titik akhir yang digunakan}
glEnd (); {Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir}
glPopMatrix (); {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC); {Untuk menggantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar}
Sleep (1);
}
}

Output Programnya adalah sebagai berikut :


Logikanya :
Pembuatan garis horizontal lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disitulah dimana garis dibuat dengan titik koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang  koordinat diperlukan untuk membuat garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. Setelah koding kita buat tekan F9 untuk compile untuk mengetahui ada kesalahan error atau tidak dan jika tidak maka kita run lalu jendela untuk openGL sample akan keluar dan menghasilkan garis mendatar yang biasa disebut dengan garis horizontal.

2.)  Garis Vertikal



/*OpenGL animation code goes here */
gplushMatrix (); {Untuk membuat baris pada kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar}
glBegin(GL_LINES); {Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan}
glVertex3f(0,0-0.0); {Untuk menentukan titik awal yang digunakan}
glVertex3f(0.0,130.0,0.0); {Untuk menentukan titik akhir yang digunakan}
glEnd (); {Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir}
glPopMatrix (); {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC); {Untuk menggantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar}
Sleep (1);

Output Programnya adalah sebagai berikut :


Logikanya :
Pembuatan garis vertikal, horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi pemahaman yang hampir sama tentang garis pada line di coding bagian “glvertex3f” . Setelah koding kita buat tekan F9 untuk compile untuk mengetahui ada kesalahan error atau tidak dan jika tidak maka kita run lalu jendela untuk openGL sample akan keluar dan menghasilkan garis menurun yang disebut garis vertikal.

3.)  Garis Diagonal

/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); {Untuk memilih warna yang digunakan}
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); {Untuk membersihkan layar latar belakang}
glPushMatrix (); {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku lagi untuk bagian luar}
glBegin(GL_LINES); {Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan}
glVertex3f(0,0,-0.8); {Untuk menentukan titik awal yang digunakan}
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); {Untuk menentukan titik akhir yang digunakan}
glEnd (); {Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir}
glPopMatrix (); {Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC); {Untuk menggantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar}
Sleep (1);
}
}

Output Programnya adalah sebagai berikut :
         
 
Logikanya :
Pada pembuatan ketiga garis diatas yaitu garis horizontal, garis vertikal, ataupun garis diagonal semuanya serupa tapi tak sama dan hanya saja perbedaannya terletak pada line “glvertex3f” . Setelah koding kita buat tekan F9 untuk compile untuk mengetahui ada kesalahan error atau tidak dan jika tidak maka kita run lalu jendela untuk openGL sample akan keluar dan menghasilkan garis miring yang disebut garis diagonal.
   
SAVE AS My PDF : Desanti Maya Hapana
SUMBER :
http://andiktaufiq.wordpress.com/2010/03/19/memulai-belajar-pemrograman-opengl/



1 komentar:

  1. Ijin berbagi program OpenGL,

    http://heriadyblog.blogspot.com/p/blog-page_19.html

    BalasHapus